Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka Kelas X SMAN 17 Batam

Setahun sudah pandemi Covid-19 menyerang Indonesia dan bahkan di seluruh dunia. Kini pemerintah sudah mulai berlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi beberapa sekolah yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

PTM diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Kepala daerah bisa melakukan pembukaan madrasah/sekolah tatap muka secara serentak atau bertahap.

Keputusan ini merupakan langkah yang disepakati bersama antara Satgas COVID-19, Kemendikbud, Kemenko PMK, Kemenag, Kemendagri, dan pemerintah daerah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan bahwa keputusan ini memperbolehkan Pemda membuka sekolah, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan. Artinya pembelajaran tatap muka diperbolehkan bukan diwajibkan.

Salah satu SMA Negeri yang sudah melaksanakan PTM adalah SMA Negeri 17 Batam, yang dimulai pada Rabu, 17 Maret 2021. Banyak sekali persiapan yang dilakukan pihak SMA Negeri 17 Batam sebelum mendapatkan surat izin PTM dari Gugus Covid Kecamatan dan Gugus Covid Dinas Pendidikan Provinsi kepulauan Riau. Persiapan itu bertujuan agar siswa/i nantinya merasa aman dan tidak khawatir saat berada di Sekolah.

Adapun persiapan sebelum pembelajaran tatap muka (PTM). Pertama, rapat komite sekolah. Orang tua masing-masing siswa dibebaskan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan mengikuti PTM ataupun tidak. Kedua, sosialisasi melalui poster simulasi new normal, ketiga sarana prasarana menyangkut protokol kesehatan, keempat visitasi tim gugus covid-19 Kecamatan, Puskesmas setempat dan dari Dinas Pendidikan Provinsi kepulauan Riau, Selain itu, ada Standar Operasional Prosedur (SOP) PTM dimasa pandemi COVID-19 yang wajib dipatuhi oleh seluruh guru, karyawan dan siswa yaitu wajib menerapkan Protokol Kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan tidak berkerumun, Cek suhu tubuh sebelum memasuki dan keluar lingkungan sekolah.

Siswa dianjurkan membawa bekal/makanan dan minuman masing-masing dan dilarang untuk saling bertukar makanan. Tidak ada jam istirahat dan tidak ada kantin.

Hari Jum’at, 19 Maret 2021 SMAN 17 Batam melaksanakan PTM kelas X, sekaligus perkenalan secara langsung kepada Guru dan Karyawan di SMA.

Acara langsung diambil alih Kepala Sekolah, Bapak Jamal Dinata, S.Pd, M.M, dan dibantu oleh Tim Gugus Covid 19, Kesiswaan, serta keluarga besar SMAN 17 Batam.

berikut foto kegiatan kelas X yang melaksanakan PTM, Jum’at, 19 Maret 2021

 


—–
penulis : tatausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hulusungaiselatankab.go.id/slot+gacor+thailand/