Bimbingan Konseling SMAN 17

IMG-20160216-WA0002BERPIKIR POSITIF DALAM HIDUP

Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan anda. Apapun yang pikiran anda harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya. Jadi berpikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik serta menguntungkan.

Tidak semua orang menerima atau mempercayai pola berpikir positif. Beberapa orang menganggap berpikir positif hanyalah omong kosong, dan sebagian menertawakan orang-orang yang mempercayai dan menerima pola berpikir positif. Diantara orang-orang yang menerima pola berpikir positif, tidak banyak yang mengetahui cara untuk menggunakan cara berpikir ini untuk memperoleh hasil yang efektif.

Kita sering mendengar orang berkata: “Berpikirlah positif!”, yang ditujukan bagi orang-orang yang merasa kecewa dan khawatir. Banyak orang tidak menganggap serius kata-kata tersebut, karena mereka tidak mengetahui arti sebenarnya dari kata-kata tersebut, atau menganggapnya tidak berguna dan efekt

Manfaat Berpikir Positif Dalam Hidup

Selalu berpikiran positif atau positif thinking dalam setiap keadaan akan memberikan dampak yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan baik tubuh maupun jiwa kita oleh karenanya kita sangat disarankan untuk mengubah pola pikir kita yang selalu negatif menjadi sesuatu hal yang positif maka kita akan mendapatkan efek yang luar biasa bagi kesehatan kita.
Bahkan menurut penelitian yang dilakukan terhadap para pasien yang sakit dengan menyuruh para pasien untuk selalu berpikiran positif selama mereka sakit ternyata mampu mengubah respon emosional para pasien tersebut terhadap rasa sakit sehingga mampu mengurangi rasa sakit yang diderita mereka hingga mencapai 60 persen.
Rasa sakit yang dialami seseorang yang sedang sakit akan mempengaruhi bagian otak sehingga memberi dampak orang tersebut akan menjadi lebih sensitif dan lebih mudah berpikiran negatif maka penyakit yang dideritanya akan menjadi susah sembuh atau bahkan bertambah parah, karena itu jika saat kita sakit biasakanlah untuk selalu berpikiran positif agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan mudah.

 

Berpikiran positif akan memberikan dampak yang luar biasa yaitu:

 

  • Terhindar dari stres, dengan mengontrol hidup dan pikiran kita untuk selalu berpikiran positif maka hidup kita akan menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres.
  • Tubuh menjadi lebih sehat, berpikiran positif sangat berkaitan erat dengan kesehatan karena rasa takut, cemas, iri, cemburu dan masalah buruk lainnya membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit.
  • Lebih percaya diri, saat kita berpikiran positif maka pikiran-pikiran buruk akan lebih mudah kita singkirkan sehingga kita menjadi lebih optimis dan percaya diri.
  • Lebih mudah untuk sukses, jika kita selalu berpikiran positif dalam menghadapi suatu keadaan maka pikiran kita lebih mudah untuk menimbang baik buruknya keputusan yang kita ambil sehingga kita lebih bijak dan memberikan solusi yang tepat dan untuk masa depan maka hidup kita akan menjadi lebih sukses dan berhasil.
  • Lebih fokus, saat kita mengerjakan sesuatu dengan selalu berpikiran positif maka pikiran kita menjadi lebih jernih sehingga akan lebih mudah fokus dalam mengerjakan sesuatu sehingga hidup kita lebih terorganisir dan manfaatnya kita bisa lebih mudah mengatur waktu dalam hidup kita.
  • Lebih berani, saat kita berpikiran positif maka kita akan mengubah pikiran-pikiran yang dapat melemahkan hidup kita menjadi sesuatu hal yang positif sehingga lebih berani saat menghadapi sesuatu.
  • Lebih banyak teman, saat kita selalu berpikiran positif maka secara otomatis keluarga dan teman-teman kita akan lebih senang berada dekat dengan kita dan membuat kita mempunyai banyak teman dan sahabat yang menyayangi kita.
  • Hidup akan lebih bahagia, berpikiran positif membuat kita selalu bisa bergembira, senang, tertawa bahkan bisa membantu orang-orang disekitar kita yang sedang mengalami persoalan dan tentunya hidup kita menjadi lebih berarti baik bagi diri sendiri, keluarga maupun teman-teman disekeliling kita.

Tips untuk selalu berpikiran positif:

  • Hilangkan pikiran-pikiran yang negatif dan tidak membangun.
  • Berkumpulah dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif.
  • Sebaiknya menjauh saat kita berhadapan dengan orang-orang yang suka menggosip atau menjelek-jelekkan orang lain.
  • Buat suasana menjadi lebih menyenangkan atau mengikuti kegiatan rekreasi yang menyenangkan.
  • Selalu optimis dalam segala keadaan bahkan bila perlu mempunyai mimpi atau cita-cita yang besar.
  • Banyaklah membaca atau menonton hal-hal yang bisa membangun kita menjadi lebih baik misalnya kutipan inspirasional.
  • Banyaklah bersentuhan dengan alam misalnya menikmati pemandangan, pergi ke pantai, berjalan-jalan di pegunungan.
  • Lakukanlah pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi, menghilangkan stres dan hal-hal lainnya.
  • Banyaklah berdoa dan mengucap syukur untuk setiap hal yang kita alami.

Demikian artikel mengenai efek positif dengan selalu berpikiran positif bagi hidup kita agar hidup kita menjadi lebih sehat dan berhasil dan tentunya banyak manfaat yang kita ambil dengan selalu berpikiran positif.
Semoga bermanfaat.

By: Yerni Sitompul, S. Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hulusungaiselatankab.go.id/slot+gacor+thailand/